Sabtu, 19 Mei 2012

STAIL Hidayatullah Surabaya Kampusku


Hei Sobat, Pernah dengar nggak tentang “Kampus Sekolah Tinggi Agama Islam Luqman Al Hakim (STAIL)”  itu lho, tetangga dengan Kampus ITS, kata teman-teman. Perguruan Tinggi Islam yang beralamat di Kejawan Putih Tambak, Surabaya Timur, Jawa Timur, Indonesia.
            Sobat, STAIL Hidayatullah Surabaya adalah kampus dibawah naungan Pondok Pesantren Hidayatullah Surabaya. Dan satu-satunya perguruan tinggi dan Pondok Pesantren yang siap ditugaskan diberbagai daerah, dari Sabang sampai Merauke,  kerenkan Sobat. STAIL Hidayatullah Surabaya Mempunyai 2 (dua) Jurusan Unggulan, yaitu: Dakwah (KPI) dan Tarbiyah (MPI). STAIL juga tidak kalah dalam Perguruan Tinggi Lainnya. STAIL tidak hanya bergerak pada urusan Dunia, tetapi masalah Akhirat. Karena Obyek yang Alumni garap adalah Manusia. Bagaimana membina manusia yang mempunya orentasi hidup / Pandangan Hidup (Worldview ), yang benar berdasarkan Islam (The Islamic Worldview).

Dan STAIL dalam perkembangannya juga membuka 2 (dua) program, yaitu: Kelas Umum dan Kelas Khusus. Kelas umum adalah dimana mahasiswa yang kuliah, dilakulan pada hari sabtu dan Ahad. Karena rata-rata yang masuk dikelas umum adalah mahasiswa yang sudah bekerja / mempunyai pekerjaan. Sedangkan mahasiswa yang berada dikelas Khusus adalah mahasiswa yang benar-benar mendapatkan Beasiswa Penuh. Dan dikelas khusus mahasiswa tidak hanya Kuliah saja, akan tetapi juga berasrama dan Mondok di Pesantren Hidayatullah.
Program khusus menempuh waktu kuliah dan mondok selama 4 tahun, dengan gelar sesuai dengan jurusannya. Alumni  sebagai kader Hidayatullah harus siap ditugaskan selama 5 (lima) Tahun dalam proses pengabdian, diberbagai daerah. Sebagai kader dituntut dan mengemban amannah yang sangat besar, yang berada di cabang – cabang. Dicabang Alumni harus mengoptimalkan potensinya dengan cara berdakwah dan mendirikan Sekolah yang berbasisi Integral.
Dengan kerjasama yang baik untuk kepentingan / masalah Akhirat, antara STAIL dan Pondok Hidayatullah. Alhamdhulillah, hampir di setiap Kabupaten dan di Kota yang ada di Indonesia sudah ada namanya Pondok Pesantren Hidayatullah. Sebenarnaya perguruan Tinggi yang dibawah naungan hidayatullah tidak hanya di Surabaya, akan tetapi di Jakarta dengan nama, STIE. Dan di Balikpapan dengan nama, STIS. Dan Untuk menjaga keharmonisan antar perguruan Tinggi yang dalam ruang lingkup Hidayatullah, mahasiswa membentuk IMHI (Ikatan Mahasiswa Hidayatullah indonesia). IMHI ini, membahas dalam disiplin Ilmu, dan saling menggerakkan semangat para kader, dalam berdakwah…
Sobat, Sebagai contoh, dibidang Dakwah dan Tarbiyah dalam masalah Akhirat, yang sudah menjadi agenda para Dosen dan Pengasuh, sebut namanya ”Tugas Dakwah Bulan Ramadhan ”. Mahasiswa yang ditugaskan sekitar 120 orang dari berbagai semester. Mereka ditempatkan di beberapa cabang Hidayatullah, di masjid-masjid, dan ada juga di Kapal. Karena berada di kapal dan biasanya minim tenaga Da’i, maka mereka harus benar-benar bertanggungjawab terhadap proses ibadah. Seperti adzan, imam shalat dan bahkan ceramah. Kader harus mempunyai kepribadian yang baik dan selalu  Sami’na Wa Ato’na. Itu yang selalu disebut-sebut para Kader / Da’i. Selamat Berjuang Para Kader Pengemban Dakwah dan Tarbiyah. Salam Sukses!!! Salam Dahsyat dan Luar Biasa. Never Give Up!!!.

11 komentar:

Rulita.park mengatakan...

wow ini kampus ada di mana aja ?apa cuman di surabaya aja?wkwkk :D saya follow kamu,hehe boleh kamu follow balik saya ^^

muarra mengatakan...

ayo bro selalu semangat belajar disana,, jgn mnyerah,,

budi os 19 mengatakan...

Nice sob :D

Misbahudin mengatakan...

salam sukses selalu,,ditunggu follbacknya #35 :)

Aninda Naima mengatakan...

salam kenal... aku orang pasuruan....

Muhammad Yasin mengatakan...

Rulita: Memeng banya kampus seperti STAIL, bahkan lebih dari segi fasilitas. Tetapi yang membedakan adalah pengkaderanya,,gitu lho, hehe,, visit back,,

Muhammad Yasin mengatakan...

Muarra: kami selalu belajar terus, visit back,,,

Muhammad Yasin mengatakan...

Budi os 19: terimakasih sobat, semua orang perlu berjuang,,have a nice day,,

Muhammad Yasin mengatakan...

Misbahudin: thank so much, segara follow,,,

Muhammad Yasin mengatakan...

Aninda Naima: saya juga pernah ke pasuruan , salam kenal balik, have nice day,, visit back,,

Syaifullah Arifin mengatakan...

Dimanapun kampusnya dan bagaimanapun cara dosennya mengajar semuanya tergantung kepada hati para Mahasiswanya juga...

Mahasiswanyalah yg menentukan baik/tidaknya suatu kampus dan yg menentukan statusnya di masyarakat :)